Jumat, 09 Januari 2009

TIPS MEMPERKUAT SINYAL 3G BAGIAN 1

Awal tahun 2009, adalah awal dari putusnya cinta saya pada "mbak speedy". Gak terasa udah hampir setahun saya berselancar dengan provider ini. Awal mula pake speedy sih seneng banget. Dari yang dulunya cuman telkomnet instan, yang speed nya kaya siput lagi patah hati (heuheheu...sori kalo masih ada yang pake telkoment instan, gak bermaksud nyindir).

Telkomnet Speedy emang kenceng banget kalo dibandingin sama kakaknya "si instan". Sampe2 selama 3 bulan awal berlangganan speedy, saya sampe menekuni dunia per "booter" an. Karena mumpung 3 bulan pertama kan dapet diskon 50%. Jadi buang2 bandwith dengan nge booter in orang di YM...hehehe...( dulu sering ng booter di Indonesia 20 pake ID elangdarilangit). Tapi sekarang udah pensiun dari dunia per booter an. Itu kan cuma kesenangan sesaat aja. Gak ada manfaatnya, malah banyak dosanya...hehehe...

Bulan berganti bulan, dan gak terasa tagihan Speedy setiap bulannya bisa menembus angka 500 ribu. Weleh-weleh...lumayan nek ditabung iso gae tuku wedus pas riyoyo. Akhire pucuk dicinta, Broom tiba. Indosat menawarkan koneksi Broom Unlimited yang murah meriah tapi kenceng. Cuma 100 ribuan perbulan rek. Akhire gak nunggu lama langsung tancep gas beli perdana IM2 Broom Unlimited.

Setelah dicoba ternyata kecepatan yang didapatkan selama berselancar seperti "putri keraton sedang berjalan" (lemah gemulai dengan kecepatan di 5 kb/s). Gimana gak lambat, lah wong sing entuk cuma sinyal gprs. Setelah tanya-tanya sama mbake CS Indosat "sing suarane lembut kemayu menik-menik" ternyata lokasi BTS terdekat dengan gubuk saya, sekitar 4-5 KM (BTS berlokasi di daerah Gedangan Sidoarjo, sedangkan gubuk saya di daerah Sedati menjorok kedalam). hiks...hiks...hiks...

Tapi saya gak menyerah pada nasib. Mau mindahin rumah ke deket BTS, terhalang sama perizinian pembebasan lahan (hehehe...sombong mode on). Ujung-ujunge yo pergi ke mbah Google (sing mbaurekso ne internet :). Akhire nemu artikelnya Kang ONNO W PURBO (Founder konsep Wajanbolic sing terkenal iku). Silakan baca artikelnya disini.


Nah bermula dari baca artikel disitu, akhire langsung muncul harapan baru buat dapetin sinyal 3G. Awal mula baca artikel nya sih bingung juga. Soale pake rumus-rumus perhitungan gitu. Tapi setelah dibaca pelan-pelan sambil nyeruput kopi tubruk karo nyedot rokok, oalah ternyata konsepnya sederhana tapi cemerlang. Tapi jujur sebenernya konsep wajanbolic itu bukan konsep asal-asalan. Semua itu melalui riset oleh KANG ONNO W PURBO. Dialah yang melakukan perhitungan njlimet tuk nemukan perhitungan baku dari pembuatan Wajanbolic. Untuk ini saya berterima kasih dan salut yang mendalam buat sumbangsih KANG ONNO bagi rakyat per internetan Indonesia. Dengan disebarluaskan nya penemuan Wajanbolic beliau, akhirnya banyak orang yang bisa berinternetan dengan koneksi cepat dan murah meriah bahkan gratis (klo mau gratis caranya dengan nembak hotspot WIFI pake wajanbolic WIFI...hehehe).

Oke sekarang waktunya praktek. Yang saya jelaskan disini adalah cara pembuatan Antenna Bazooka 3G.

Catatan : ( Dengan menggunakan Antenna Bazooka 3G buatan sendiri, sekarang saya sudah bisa mengecap manisnya koneksi 3G dengan Signal Strength : Good padahal sebelumnya cuma gprs).

Pertama siapin dulu bahan-bahannya.

1. Pipa paralon 4 dim panjangnya 60 cm ( cari di toko bangunan hargane 17 ribuan/meter )
catatan : paralon panjangnya bisa dibawah 60cm. batas minimal >23 cm

2. Tutup/Dop paralon 4 dim ( hargane 5 ribuan )

2. Lakban Aluminium ( cari di toko elektronik hargane 35 ribuan/Roll )
catatan : saya tidak menganjurkan untuk menggunakan Aluminium Foil ( yang biasa buat bungkus makanan). Karena sangat tipis dan mudah sobek. Sangat tidak efisien untuk pemakaian lama.

3. Usb extention / Kabel perpanjangan USB ( hargane 5 ribuan )

Total Biaya pembuatan Antenna BAZOOKA 3G : gak sampe 70 ribu.

Berikut ini Skemanya ANTENNA BAZOOKA 3G.








Sekarang langkah-langkahnya.

1. Paralon dipotong sepanjang 60 cm ( bisa juga 40cm atau 50cm sakarepmu Le..... : )

2. Buat lubang kecil untuk lubang USB modem di posisi 6,8 cm dari ujung pipa ( Lihat gambar skema diatas. Saran saya kalo dirumah gak punya bor, maka cara paling mudah bisa pake solder.
(ati-ati ojo sampe ke nyos nang mripat mu iso nggarai kanker mata......)

3. Bungkus seluruh badan pipa paralon dengan lakban aluminium.



4. Kemudian lubangi pada bagian lubang USB yang sudah dibuat tadi. Pada bagian pinggiran lubang USB lapisi juga dengan lakban aluminium.

5. Lapisi bagian dalam dari tutup paralon dengan lakban Aluminium. Pastikan bagian pinggiran dari tutup juga terlapisi aluminium. Agar gelombang sinyal antara tutup dan badan pipa bisa saling berhubungan.



6. Masukkan kabel extention usb lewat lubang kecil yang sudah dibuat tadi. Lalu masukin modem 3G kedalam pipa paralon trus sambung dengan kabel extention.


7. Pasangkan tutup paralon di ujung yang berdekatan dengan modem 3G. Biarkan terbuka untuk ujung satunya.

8. Langkah terakhir dan yang paling menentukan keberhasilan seluruh proses.

Carilah lokasi BTS terdekat dari Indosat. Kalo gak ngerti, telpon aja CS nya Indosat. Beruntung klo yang ngangkat CS cewe karena bisa dikasi tau juga lokasi rumahnya dia ( hehehe...kalo ini jangan dipercaya...100% ngibul ).

Setelah tau arah dimana tuh BTS, maka langsung deh dimulai pencarian sinyal. Sebagai catatan penting Antenna Bazooka 3G memiliki sudut tembak yang sempit sehingga berubah sekian derajat saja dari arah lokasi BTS, maka sinyal akan hilang. Jadi bersabarlah dalam menembak-nembakkan bazooka anda...hehehe... (ojo keliru Bazooka sing ngisor ;)

Hal yang jangan dilupakan adalah usahakan sebisa mungkin Antenna BAZOOKA 3G menembak tanpa terhalang tembok, pohon, ataupun "jemuran tetangga". Kalo gubuk anda bertingkat 2 atau lebih, sukur-sukur kalo anda tinggal di "condominium" maka penembakan Antenna Bazooka 3G bisa leluasa tak terhalang apapun. Wes ewes ewes......

( Saya butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk nemuin arah yang MAK NYUS... ).

Dan akhirnya Eng ing eng.........Bazooka saya berhasil mencium sinyal 3G dengan penuh kemesraan ( sengaja pake bahasa romantis, biar kaum hawa yg baca postingan ini jadi dag dig dug atine ...heuheuheuheu )

Ini Hasilnya dengan Speedtest.net.



Padahal sebelum pake Antenna Bazooka 3G, kecepatan koneksi cuma berkisar di 5kb/s (sinyal ketangkep cuma gprs gitu loh ). boro-boro mau test speed, buat buka situs nya speedtest.net aja gak bisa.
Tapi setelah pake Antenna Bazooka 3G sinyal 3G langsung muncul 3 bar.




Sebelum pake Antenna Bazooka 3G tingkat halangan sinyal mencapai -110 dBm , setelah pake Antenna Bazooka 3G langsung menurun drastris jadi -90 dBm. Buset gain signal nya naik sampe 20 dBi. Jadi Antenna Bazooka 3G buatan sendiri ini bisa nyamain antenna pabrikan yang harganya bisa mencapai 500 ribuan keatas. Padahal modal yang dikeluarkan untuk pembuatan Antenna BAZOOKA 3G gak sampe 70 ribu ( super irit mode on :)

Oya saiki akeh bermunculan bisnis penjualan Antenna WAJANBOLIC 3G maupun WIFI. Siapa tau bagi yang sudah berhasil bikin, bisa buka usaha kecil-kecilan pembuatan Antenna 3G. Lumayan toh Le. Saat ini minatnya Antenna 3G lagi tinggi-tingginya. Terbukti dari banyaknya postingan mengenai 3G di searching Google.

INI HASIL PEMBUATAN ANTENNA BAZOOKA 3G SAYA.

Antenna BAZOOKA 3G saya sekilas terlihat seperti Teropong Bintang. Hehehe...yang membuat keren adalah " ssssttt...rahasia ojo ngomong sopo-sopo yo...tenanan loh...iku dudukan ne antena nyikat dudukan ne Piano "bapak tercinta." Mudah-mudahan bapak gak menyadari kalo Pianonya sudah kehilangan kedua kakinya ( anak durhaka mode on :)

Wis yo konco sak dulur. Sak mene sek. Buat yang lagi pake koneksi indosat Broom atau provider GSM lainnya bisa pake "TIPS MEMPERKUAT SINYAL 3G" bagi yang rumahnya jauh dari BTS.

Rencananya dalam waktu dekat bakal nyoba bikin Antenna WAJANBOLIC 3G. Kalo berhasil pasti akan saya bagi-bagikan gratis tutorialnya di Blog ini.

Keterangan Pelengkap :
- Terinspirasi oleh Kang ONNO W PURBO
- Modem 3G menggunakan Sierra Aircad 881-U

- Kartu Indosat Broom Unlimited
- Antenna Bazooka 3G juga bisa digunakan untuk HP 3G

63 komentar:

Anonim mengatakan...

wah,sudah lama saya cari informasi tentang memperkuat sinyal IM2 Broom ini...

makasih atas informasinya, saya tunggu ide-ide cemerlang lainnya.

Anonim mengatakan...

kalo saya pake modem sierra 881u mas....udah nyoba . dan memang ada peningkatan pada bar sinyal nya. tapi sering putus koneksi dengan modemnya.gimana nih solusinya...

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@agus:

sama-sama mas...moga bermanfaat gae sedulur kabeh.

@hendri :

Putusnya koneksi dengan modem 3G,seringkali disebabkan oleh loss power pada modem 3G.Karena kabel USB yang digunakan terlalu panjang. Sehingga listrik untuk modem 3G habis dikabel. Solusinya gunakan kabel USB yang lebih pendek. Dan coba ubah settingan Bios ( biasanya tekan del pasa saat computer booting) kemudian cari settingan USB. Ganti 2.0 jadi 1.0 atau dari high speed menjadi Full speed ( ubah bios ini bisa mengurangi konsumsi listrik pada port USB )

Anonim mengatakan...

wah saya sama2 pake modem sierra 881u juga. dan sering putus-sambung sama modem karena kabelnya kepanjangan (2 kabel usb male-to-female disambung) ternyata emang karena powernya terlalu lemah ya (jadi bertanya2 apa guna batere didalemnya).

btw bazzoka bolic nya blom saya coba. sy dengar pake bekas bungkus jajan pringless oke juga ^^

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@renxe :

modem sierra 881u memang ngambil power cukup besar dibandingkan dengan modem pcmcia 3g. pada kondisi normal yaitu modem tertancap langsung pada port usb pc atau laptop, proses charging akan berjalan optimal. tapi bila sudah menggunakan kabel perpanjangan usb, maka suplai power dan data akan menghalami hambatan. saya bahkan mencoba dengan 1 kabel usb saja, dalam waktu sktr 2-3 jam modem udah drop. dan harus dicharging sampe penuh lagi.
untuk melakukan charging dengan optimal pada modem ini, mas bisa gunakan charger usb (biasa digunakan utk charging mp4) harganya murah cuma 10 ribuan di toko cmptr.
Tapi Saran saya gunakan USB Repeater bila akan memperpanjang posisi modem dr pc/laptop. Saya gunakan USB REPEATER ATEN yg panjangnya 5 meter, dan masalah putus-nyambung udah gak muncul lagi. Bahkan online 24 jam nonstop (tinggal tidur ..hehe) bangun2 masih tetep online.
sebaiknya pake lakban aluminium aja, karena tidak mudah sobek dan tinggal tempel aja. sisanya juga bisa buat nambal panci emak yang bocor.
aluminium foil yg biasa buat kue sgt tipis dan mudah sobek. juga ribet harus pake double tape lagi. klo ada yg gampang, ngapain dibuat susah...iya toooo...ajiibbbbb :)
baca juga lanjutan postingan saya di TIPS MEMPERKUAT SINYAL 3G BAGIAN 2.

Anonim mengatakan...

oke boss tengkyu infonya. nanti sy bedah celengan ayam jago sy buat beli yu es bi ripiter nya :D

btw, rokoknya pallmall merah ya :D

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@renxe :
sempet-sempetnya ngeliatin rokok mas (sambil geleng-geleng). punya bakat alami jadi tuyul nih...wekekekek
jangan lupa sedekah klo celengannya udah dibanting :D

Anonim mengatakan...

wah tak cobo lah nek ngono...
thanks..

Anonim mengatakan...

Wah klo gini.. jadinya bisa2 jd ikutan insomania..
ra tau turu mbengi ...(mecicil trus)!
tanks infonya mas pasha... smoga cepat sembuh insom-nya.. hiks..hiks..hiks...

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@andhik :
trims kunjungannya.rajin-rajin kesini yahhh...

@yossy :
insomnia gak selalu buruk koq mas. saya malah bisa menemukan byk inspirasi di malam yang sunyi ditemani jangkrik dan kelelawar malam (halah sok putis...hihihi)

Anonim mengatakan...

mas2 yang cuantiek2
itu yang di tes pake yang unlimited 3.5 g atoo yang 256
aku pake yang pakeh murah meriah nie 125rb sebulan speed 256 kalo buat dwnld stabil d 30kbps
ada saran gak?

Anonim mengatakan...

yuhu,...
siap laksanakan juragan,..
segera ke toko Bangunan ah,....

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@anonim :

saya pake indosat broom unlimited mas. klo yang ketangkep sinyal hsdpa harusnya bisa lebih dr itu kecepatan downloadnya.

coba anda buat antena bazooka aja untuk permulaannya. pasti ada peningkatan sinyal. Dan yang perlu jadi catatan adalah kecepatan download di setiap area berbeda-beda. Jika di suatu area pengguna IM2 belum banyak maka pasti kecepatan downloadnya lebih tinggi dibandingkan area yang sudah banyak menggunakan IM2.

@angus :

kabarin hasilnya yah klo udah bikin wajanbolic :)

Anonim mengatakan...

kira2... kalau pake HP bisa ga' ya mas... ???

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@demas :

bisa aja mas. saya sebelum beli modem sierra juga pake hp SE K800. cuman sayang hp nya kalo dibuat konek berjam2. karena fungsi hp kan tidak didesain untuk koneksi internet nonstop.

Anonim mengatakan...

tanya lagi mas, he3x..., seperti kata pepatah "tak tanya berarti tak sayang" (eh itu tak kenal tapi tak sayang denk) kwkwkwkwkwk...
btw, pertanyaan 1, kalo untuk hp..., untuk menaruhkannya di pipa hampir sama kaya' modem mas... :D
pertanyaan 2, kira2 ada tidak pengurangan yang dihasilkan jikalau terkena dinding, pohon, atau rumah yang lebih tinggi, kira2 gimana solusinya jikalau ternyata... kamarnya tidak ada ruang terbuka seperti tempat mas... masih bisakah ???
pertanyaan 3, lebih bagus mana... kabel USB Extender pake LAN atau pake USB Repeater, kalo harga USB Repeater Kira2 Berapa Ya... ???
Terima Kasih... :D

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@demas :

1. prinsipnya untuk hp sama mas. hpnya dimasukin dalam pipa.

2.pengurangan nya sangat banyak bila terhalang dinding atau bangunan, malah manfaat dari antenna tak akan dirasakan bila terhalang oleh bangunan. solusinya gunakan usb repeater agar jarak antena bisa diperpanjang.

3.jelas lebih bagus usb repeater mas. karena udah termasuk boster untuk penguat power dan data.harga di surabaya saya dapet harga 205 ribu merk aten.

Anonim mengatakan...

tengkyu bos, infonya bermanfaat banged

btw, TIPS MEMPERKUAT SINYAL 3G BAGIAN 2 isinya apaan bos?

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@herry_s_t :

trima kasih jg kunjungannya. tips bagian ke 2 isinya seputar pembuatan antenna wajanbolic 3g.kenapa gak di klik aja link nya :)

Anonim mengatakan...

daripada beli usb repeater, mending bikin sendiri power injector untuk usb. modalnya kecil, dan kabel juga bisa puanjaaaang pke UTP.
saya pernah punya skema-nya tapi lupa nyimpennya. kayaknya kang Onno dan teman2 punya skemanya.
prinsip kerjanya:
USB ------- (via UTP) ---> modem
power --^

bahannya: adaptor, kabel utp, rangkaian elektronik (ic 7805, dioda, elco) dijamin murah banget!!

Anonim mengatakan...

jadi dari komputer yang dipake cuma transfer datanya aja, sedangkan power ke modem disuplai dari adaptor.

coba baca ini:
http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?pid=16501

juga disini:
http://tabletblog.com/2006/01/usb-power-injector-for-usb-host-mode.html

Anonim mengatakan...

mohon dikoreksi kalau salah ya?
titik 6,8 cm kan untuk modem usb yang lurus, padahal 881u kan bengkok gitu. harusnya lubang untuk modem kurang dari 6,8 dong? jadi 'kepala' modem tepat di titik 6,8

regards,..

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@puguh :

saya juga sudah pernah liat skema seperti itu. cuma males mencobanya. karena beresiko tuk membuat modem jebol kalo tegangan nya terlalu besar. harga modem lumayan mahal untuk buat coba-coba...hihihi. mas puguh sendiri sudah pernah mencoba membuatnya?

untuk titik 6,8 cm menurut hasil uji coba yg saya buat sih gak ada masalah. perolehan sinyal sudah meningkat banyak....

terima kasih atas masukannya...

Unknown mengatakan...

Utk 881u, daripada modem dimasukin k paralon lebih baik pake kabel antena, kan ada colokannya. Gak kwatir kpanasan, ujan/power loss/ ilang dcolong :-)
Untuk antena dlm pralon saya pake konektor BNC, pengennya N tp d toko ga ada. Kabel pake rg8u matrix 20m bekas antena tv. Hasilnya: sinyal hsdpa -95dBm. Jgn bilang2 orang indosat ya, soalnya lokasinya di jember (hsdpa blm dlaunch) B-)

Unknown mengatakan...

Enaknya lagi, kita bisa nembak bts dgn multi bazooka/antena, dgn titik tembak yg berbeda hny dg pake 1 modem. Teorinya gain sinyal bisa naik berlipat.

Om Agus ™ mengatakan...

sing penting koment lah
matur nuwun postingane bagus
nih mau nyobain dah dapet pralon dari nyikat bekas bangunan kantor....
sssstt jangan bilang-bilang yah

Anonim mengatakan...

wah iki postingane tenan kabeh rak bar pas tek gawe basoka ne.... rak iso malah modem qu rusak?? ono garansine rak mas

Unknown mengatakan...

thanks buat informasinya. di bali sinyalnya jelek dan udah dibatasi kartu SIMnya.(IM2)

umar mengatakan...

mas,
terimakasih banyak atas ilmunya.
mau double check ini, setau saya broom unlimited max speed nya cuman 256kbps. apa bener pake antenna ini bisa naik jadi 339 kbps seperti di hasil speed test nya ?

salam,
umar

kapz loves food mengatakan...

klo tuk modem jenis pcmcia akalin nya gimana ya mas?? :D gak niat bikin sih, cuma menarik ajah klo ada informasinya :D o ya, halaman ini aku link di blog ku ya :)

Anonim mengatakan...

Hulloooo,
bos Usb repeaternya beli dmn ?
di bandung aku dah ubek2 kg da nih, wq :(
minta solusi buat perpanjang kabel modem Huawei E220?
thq :)
My e-mail : andyfrdy@yahoo.com

Donet mengatakan...

BTW beli lakban aluminium di surabaya dimana ya? nama tokonya? Trims.

0221_4_4483 mengatakan...

Kalo modemnya di pasang dlm paralon apa ngak sayang??? kalo masang external antena apa ngak bisa bos...????/

universal clip + cdma/gsm antene

hermanparis mengatakan...

makasih gan inpormasinya
saya coba dulu ya....

Anggoro mengatakan...

modemku 881 PCMCIA bisa diakalin gimana ya mas? kalo BTS indosat sih didepan rumah tapi signyalnya cuma dapet gprs apa btsnya yang gak support 3g? klo yang bisa 3g kira2 10km dari rmh apa bisa antenanya di jadikan penguat sejauh itu?

oacomper mengatakan...

terimakasih infonya mas, moga aja bisa menstabilkan sinyal gprs yang sering tak pake!
Terus mo tanya neeh, aq masih pake modem hp yang hanya bisa GPRS (motorola C380), tp aq pake koneksi dengan Matrix Broadband! apakah bisa nantinya modem tersebut bisa menggunakan di Jalur 3g. Mohon Bantuannya mas!

Yuha mengatakan...

Lubang yg ada di samping modem 881U itu untuk apa ya mas ?

Anonim mengatakan...

saya bukan ahli IT cuman iseng aja. saya juga pake broom unlimited. pake modem huawei e220 itu saya masukin di dalam kaleng bekas biskuit yang bunder.. kenceng. muncul hsdpa 4 bars.. apa tu kaleng ngaruh
gak ya? apa cuman kebetulan aja?. trus saya coba2 nyari di google..eh ketemu blog ini pake pipa paralon, lah itu modemnya didalem juga.

cuman saya gak tau itung2annya . :(

Anonim mengatakan...

apa buat modem huawei e220 juga hitungannya sama kayak diatas?. ok deh saya coba juga. thanks :)

Mietta mengatakan...

Mas, ka katanya bisa juga buat hp 3g. Prinsipnya tetap sama ya, trus hp-nya dimasukin gitu aja apa perlu pake dijepit2 supaya ga lari2 kalo pas nyari sinyal
thanks

buJaNG mengatakan...

Wah saya pengin nyobain juga nih....

Anonim mengatakan...

ikutan komen ahhhh
pantes dicoba c... cuman bingun ntar gmana gw bawa2 bazoka kmana2 ;))

rainbrow mengatakan...

kang huawei e220nya bisa apa g' dipasang di antena bazoookanya.........!!! apa ukuranya berubah.........?????

Anonim mengatakan...

klo ini kan modem'y dmasukin bazooka. bisa ga yg d taro d atas itu cuma antena aj, jadi modem ttp nempel d laptop ato PC. soal'y kan sbener'y fungsi modem USB buat mobile. klo udh nempel d atap susah dong klo mo nge-net mobile.
ada solusi'y bos?

isk jr mengatakan...

sama kejadian nya sama saya kalobegitu..
tapi saya gga susah" bikin bazooka 3G,
modem huawei e220 sy masukin ke loyang kerucut yang buat bikin nasi tumpeng, n kerucut nya di taro miring serong ke bawah, ( sisi lingkarannya serong keatas) dan alhasil sinyal HSDPA / UMTS saya nambah dari biasanya yang cuman satu bar dan suka ilang"an jadi 4 bar stabil!

Slamet Purwanto mengatakan...

Mas pasha,
kira kira kalo pake wajan bolic.. bagusan mana yah?? kalo sekarang masih pake usb modem duank.. belum di boost sinyalnya... jadinya lemot dehhh
hikss:( donlod palingan dibawah 10 kbps.. hiksss

makasih yo
www.bizniz-bizniz.blogspot.com

Ihsan Sarwono mengatakan...

mas mau nanya juga neh....!!

Rumah saya tingkat 1, trus komputer di dalam ruangan kamar..sedangkan di sebelah rumah bangunan tingkat 2 dengan dinding tebal dan tinggi. hal ini biasanya yang sering bikin mandek signal HSDPA...saya pake modem Telkomsel FLASH.

1. Minta solusinya yang akurat ya mas...??
2. klo kami menggunakan antena Bazooka yg kayak diatas apakah bisa membantu...??
3. Klo dipasang antena Bazookanya di Loteng, klo kena Hujan gimana??? apa ga ganggu...??

Pilzzz dibalas cepat ya mas...coz sudah pusing hadapi signal yg naek turun kayang pengantin baru...he...heee..!!

^_^ ( Ihsan_ Makassar )

Anonim mengatakan...

bagian dalam pipanya perlu dilapisi aluminium jg tdk bos?

Anonim mengatakan...

Mas.
saya coba pake pigtails (Konektor ke antena sieraa 810u) buatan sendiri. dan lumayan ngurangin 8dbm...

Unknown mengatakan...

deketin aja modem'nya ma tabung semprotan nyamuk,,,,lumayan naik 2 bar ,,,,tadinya satu , sekarang stabil di tiga bar

Anonim mengatakan...

wah-wah sip mas matur nuwun inponya
keren coy, langsung gawe aaahh..

mas numpang tanya, apa bener kecepatan im2 kenceng setelah ngisi ulang aja, coz btw baru minggu2 kemarin kuat beli modemnya en broomnya hehe kalo bener gitu wah rese bener ketipu gw??
muda2an ga

ok btw nais inpo tak cobae nuwun

haris mengatakan...

Wah akhirnya mendarat juga saya di sini. saya tadi baca dari A-Z. saya agak paham sedikit fungsi bazooka. saya kemarin dikasih modem Teltonika untuk akses IM2 broom unlimited. kemarin waktu setting awal ok, tapi 20-30 menit kemudian..yeah sperti jalannya puteri kraton. say dah naik ke lantai 2. dapat sinyal tapi aksesnya seperti siput saja.

mudah2an info ini bisa membantu. saya akan coba, mudah2an bisa. terima kasih atas info yang sangat berharga ini. mudah2an akan memecahkan masalah saya, padahal saya di Kemayoran, Jakarta.

gimana dengan yang jauh ya??

Yulianto mengatakan...

mas, ada cara lain ga biar modemnya tetep deket komputer, 881U kan ada konektor antennya. saya saranin pake kabel perpanjangan USB yang bagus (2.0) kabelnya 100 rb 5 meter, dijamin voltagenya ga ilang sampe ujung

Untara mengatakan...

Walah ... suwun cak!
'teropong bintang' e keren ...
ojo ojo gak 3G thok sing kesambet ...
sinyal soko USS Entreprise e Star Trek yo iso ke sedot ...

salut .. salut

Anonim mengatakan...

Mas,
Kalo di surabaya nyari konektor buat sierra 881U dimana ya ?

M.Ahsana Amalan A.M mengatakan...

Mas,mas,mas..Mas.Saya udh baca coment semua ya..Dan dikit2 ngerti.Amin.
Makasih bgt,ntr t pratekin.Tp saya mau ni.

Mas:mas,saya pake hp aja buat ngenet..Tp hp saya 6600,g ada antena ya.Bl di sambungkan ke antena bazoka td gmn?Bs g?
Mas:bs g 6600 dipasang antena,tp bahan ya dr pipa diameter kecil yg berlapis lem alumunium?
Ahsana imuut
ahsana.am@gmail.Com

Irvan mengatakan...

Mantep banget ni, kapan2 coba ah, soalnya mang susah banget cari sinya 3g

Anonim mengatakan...

Mas, boleh jelasin ngga teori nya skalian ngga? Soalnya ada tugas tentang ini di sekolah, bantu ya mas ..

Anonim mengatakan...

Mas, boleh jelasin ngga teori nya skalian ngga? Soalnya ada tugas tentang ini di sekolah, bantu ya mas ..

Anonim mengatakan...

om mau tanya2 nih,...
kan kalo perhitungannya wifi pake 2,4Ghz
kalo 3G apa dirubah perhitungannya menggunakan yg 3Ghz?
berari nanti mempengaruhi perhitungan 1/4 lambda nya?

tremakaseh om..matur nuwun..

Unknown mengatakan...

Gan kenapa posisi modemnya harus di 6,8 cm??

terus kenapa panjangnya harus 60 cm?

pesanonline mengatakan...

mantap tipsnya gan..

dijual rumah di buduran sidoarjo

Dahe Ugi mengatakan...

Keren dah...!

Posting Komentar

KOMENTAR DONG...MASAK LEWAT-LEWAT DOANG...
*pentung nih buat yang gak komen*