Senin, 26 Januari 2009

TIPS MEMPERKUAT SINYAL 3G BAGIAN 2



Melanjutkan postingan sebelumnya TIPS MEMPERKUAT SINYAL 3G BAGIAN1, dimana saya sudah membuat ANTENNA BAZOOKA 3G, maka sekarang pas libur dua hari imlek saya punya waktu buat ngelanjutin next project yaitu buat ANTENNA WAJANBOLIC 3G.

Pada dasarnya gak butuh waktu lama buat bikin ANTENNA WAJANBOLIC 3G, bila sebelumnya kita sudah membuat ANTENNA BAZOOKA 3G. Karena prinsipnya WAJANBOLIC 3G adalah menggabungkan antara BAZOOKA dan WAJAN menjadi satu rangkaian.

Saya berhasil dapetin wajan berukuran 54,5 cm di satu Toserba yang gak terkenal ( namanya gak usah disebut, gak etis..hehe ). Harga tuh wajan 49 ribu. Berhubung dirumah gak punya mesin bor buat bolongin pantat wajan, akhirnya cari bengkel las di pinggir jalan buat bikin lubang. Tukang las sempat bertanya-tanya sambil pasang tampang oon, koq gak eman to mas wajan sebesar ini dibolongin, buat apa to mas???". Dengan entengnya saya bilang "Gak tau juga mas disuruh sama emak" (tukang las tambah bengong sambil garuk-garuk rambutnya yg gimbal ). Setelah pantat wajan sukses di bolongin ( pantat wajan loh bukan pantat mas tukang las ), akhirnya giliran kupingnya dieksekusi. Sempet terharu juga, melihat wajan gak salah apa-apa dimutilasi kaya gitu ( hiks...hiks...sedih mode on ).

Setelah sampe rumah, Bazooka yang kemaren udah jadi saya bikin perubahan dikit. Yaitu sesuai rumus perhitungan yang ditetapkan kang Onno W Purbo, yaitu beberapa cm dari kedalaman wajan bagian Bazooka tidak dilapisi aluminium foil. Lihat rumus dibawah. Untuk menemukan panjang fw ini rumus nya : fw = Dw * Dw / 16 dw



Maka Bazooka yang kemaren saya buat, saya buang lapisan aluminium foilnya sepanjang 9,2 cm dari dasar wajan ( fw=9,2 cm ). Harap diperhatikan ukuran fw = 9,2 cm ini sifatnya tidak sama untuk semua Antenna Wajanbolic. Hal ini tergantung besar kecilnya diameter wajan yang anda jadikan antenna. Pada kasus saya, panjang fw adalah sebagai berikut :






Dw ( diameter wajan ) = 54,5 cm
dw ( kedalaman wajan ) = 20 cm

jadi hitungannya menemukan fw untuk wajanbolic saya :

54,5 x 54.5 / 16 x 320 = 9,2 cm

Jadi kalo temen-temen bikin wajanbolic, ukuran fw nya sesuaikan dengan diameter wajan nya yah. Jangan main tebak-tebakan apalagi "main dukun". Karena ini penting untuk mendapatkan hasil akhir yang bagus.

Selanjutnya Bazooka dikasih baut dan mur untuk menggabungkan Antara Bazooka dan Wajan. Bazooka yang sebelumnya moncongnya kebuka sekarang dipasangkan tutup PVC 4". Lihat gambar dibawah.



Catatan : foto-foto yang saya tampilkan diatas, saya ambil dari artikelnya Kang Onno W Purbo. Karena saking bersemangatnya bikin Wajanbolic 3G, saya sampe lupa mendokumentasikan proses pembuatannya. hehehe....tapi foto hasil akhirnya akan saya tampilkan punya saya sendiri. Otreeee...

Setelah semua beres, langsung gak pake doa gak pake lama "Parabola Home Made" saya panteng ke langit pada arah BTS Indosat. Dan hasilnya jreng..jreng...gubrakkk....Sinyal 3g yang kemaren dengan ANTENNA BAZOOKA bisa ketangkep 3 bar, sekarang sim salabim berubah menjadi sinyal HSDPA 3 bar. Wahhhhh....puas rasanya perjuangan memutilasi wajan gak sia-sia hehehe....

ini hasil terawangan dari speedtest.net dengan menggunakan WAJANBOLIC 3G.

Silakan bandingkan dengan hasil test sebelumnya sewaktu masih memakai BAZOOKA 3G.


Dan ini hasil akhir Wajanbolic 3G saya.




Oiya satu catatan penting...sebelumnya saya menggunakan usb extender bikinan sendiri buat menjangkau lokasi antenna yang diluar kamar. Tapi modem Sierra 881u yang saya gunakan selalu drop kehabisan power. Hal ini dikarenakan tingkat hambatan/ohm kabel usb extender yang terlalu besar sehingga power dan data hilang di kabel sehingga batere modem sierra tidak bisa charging dengan optimal. Akhirnya saya putuskan untuk memakai Kabel USB REPEATER MERK ATEN panjangnya 5 meter. Di Surabaya saya dapet harganya 205 ribu. Itu cukup murah karena liat di situs2, ada di jakarta yang jual sampe 245 ribuan. Setelah pake USB REPEATER, internetan lancar tanpa putus...ajibbbb.


USB REPEATER yang saya pake lihat diatas.


59 komentar:

Anonim mengatakan...

wah..wah... stl baca yg babak ke 2 smkn semangat gw mo bikin... eh iya mas gmn klo lu bikin aja yg banyak gw siap masarin...
yah etung2 sambil menyelam minum soft drink.. pasti rasanya...brrrrrr...
tapi kira2 keluar injuri timenya nggak ?, ntar baru kita baru bikin babak 1 n 2 keluar seri injuri time.. jadi babak belur deh..
Sukses slalu...!!!

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@yossi :

semangat sih semangat mas, tapi ingak...ingak...jangan ngembat wajan tetangga ato wajan bocor punya emak di rumah :) haram hukumnya...hahaha

kalo untuk jualan antenna wajan...masih mikir-mikir mas. soale malu sama tetangga, entar dikirain turun derajat jadi tukang panci.hihihi

ditunggu yah hasil pembuatannya.nanti kabari lg disini.otreeee....

Anonim mengatakan...

wah mantab :)

tapi kalo gak salah di modem sierra 881U kan ada itu di samping modem, port buat colokan antenanya

kalo antenanya dikonekkan situ .. bisa apa gak ya bos .. soalnya rumahku kondisinya kurang kondusif kalo musti naruh USB modem di antenanya bisa bisa ilang dicuri bos ... wah bisa tekor ane :))

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@jony :

Modem sierra 881u memang bisa menggunakan antenna eksternal. Tentunya dengan pigtail/konektor yg cocok dengan port antena sierra 881u.
Kendalanya antenna modem 3g harganya cukup mahal mas *tapi mahal itu relatif yah* .Untuk antenna yang paling murah kisaran harganya 150 rb. Itupun cuman dapet gain 3dBi. Ada yang bagusan yaitu antenna YAGI harganya 400-500 ribu dengan gain 13 dBi.
Jadi kalo duit tidak menjadi masalah buat anda, yah mendingan beli antenna YAGI aja mas. Sehingga gak perlu repot-repot "memperkosa" wajan tak berdosa.hihihi :)

Anonim mengatakan...

mas itu serius segitu koneksi nya pake kartu apa nih .. terus pake koneksi yg brapa 256 kbps kan..??

http://telkomsel-flash-unlimited.blogspot.com

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@rudi mei nardi :

saya pake kartu indosat broom unlimited mas dengan kualitas sinyal hsdpa 3 bar.

Anonim mengatakan...

Mas , klo yang dibuat seperti ini bisa dapat berapa dB ya ? Thanks

Anonim mengatakan...

salut mas!
mau tanya dikit, kalo yang bagian bolongin pantat wajan itu bolongin sebesar diameter pipanya, atau hanya seukuran baut saja untuk nahan tutup pipanya?
jadinya pangkal dan ujung pipa nantinya ketutup dua2nya ya mas?

hatur nuhun sebelumnya

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@Cakka :

dari pengalaman saya bisa dapet gain 16 dBi mas. dengan syarat antena menembak bebas tanpa terhalang bangunan apapun dan mengarah tepat ke BTS.

@ Shamaniclullaby :

lubang pada pantat wajan dibuat seukuran baut mas.jadi untuk menyatukan wajan dengan tutup pipa.
Benar...untuk antenna wajanbolic kedua ujung pipa tertutup.

Anonim mengatakan...

weh.. wajanbolic-nya muanteb! saya lagi nyari yang memungkinkan gak naroh 881u andalan diluar jangkauan pengawasan. Sama seperti Mas Jony, bisa-bisa 881u menguap dalam sekejab...
Sekarang saya pake yagibolic 13db dgn pigtail. cuma, muahaaalll..
(lha, tetangga saya komentar: ono rego ono rupo, mas! edhian!!)

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@panthom:

harga antenna yagibolic emang cakep mas...hehehe. makanya saya bikin antenna wajanbolic.

tapi setau saya prinsip wajanbolic juga bisa digunakan untuk antenna yagi. yaitu antennanya dimasukkan kedalam pipa wajanbolic.silahkan bereksperimen mas.

Unknown mengatakan...

Matur nuwun, ide-mu brilian! tapi aku njaluk tulung mas, omahku lak gak mungkin bebas hambatan ke arah tower-nya indosat broom or telkomflash, gimana caranya yah? apa wajanbolic ini bisa ngebantu?

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@ Zez :

kalo terhalang dinding gak bisa efektif mas....caranya yahhhh...naikin antena nya yang tinggi....atau boyongan rumahnya ke deket BTS....hehehe

Anonim mengatakan...

waah wajan holic is very good! heheheeh!
sekedar nambain nie! untuk mengatasi batterai sierra yang mudah drop, sebaiknya ganti aja baterai sierra dengan tegangan dari usb, dijamin dech gak bakalan terjadi putus conecting internet karena batterai drop! asalkan kapasitas power usb mencukupi, klo kapasitas power usb kurang?, pake aja usb hub yg ada tambahan power supply nya!

Untuk tegangan dari usb kita pakai tegangan (+) dan (-) dari usb(yang konektor untuk data kita abaikan gak usah di pake), terus kita sambungkan ke dummi* dari original batterai sierra, kemudian output dari dummi tersebut yang kita gunakan atau kita hububgkan ke konektor batterai yang ada di sierra, selamat mencoba! semoga bermanfaat!
*(dummi batterai sierra yaitu rankaian elektronika yang terdapat pada batterai. yang berfungsi untuk stabilisator dan identifikasi original batterai, kita bisa dapatkan dari batterai bekas yang sudah drop,atau yang tidak terpakai lagi) lemon_email@yahoo.com

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@lemon_609 :

mas lemon terima kasih masukan nya. kalo ada gambarnya pasti lebih jelas nih uraian nya.

Anonim mengatakan...

gmana kalo ga pake usb modem tapi pake modem PDA dopod D810, apakah cara pembutan antena nya sama?
mohon pencerahanya....

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@Rio :

Sepertinya tidak bisa mas. karena setau saya ukuran dopod terlalu besar tuk dimasukin ke dalem pipa. lagian sayang atuh dopod nya di jadiin modem dengan teknik kaya gini. bisa overheating.mending beli modem 3g aja.

Anonim mengatakan...

cakep mas...
ck...ck...ck...

PASHA INSOMNIA mengatakan...

@anonim :

saya emang cakep koq mas...hehehe
ups sori maksudnya antena nya yahhhh....iyah cakep emang ;)

Unknown mengatakan...

serius nih mas? tokcer punya donk?
kalo pake modem sierra 885 gimana cara bikinnya?
apa sama aja....
pliz bantu ya maz...coz masih pemula nih!
Thanks. E-Mail ke : youdi.arm@gmail.com ya

Anonim mengatakan...

Dimana sih lokasi BTS Indosat di denpasar selatan,bali ?????

Unknown mengatakan...

keren mas,
udah dicoba... pake yg versi mini... soalnya dalem kosan hehehe...

mantap... malem2 yg sibuk kek gini bisa berselancar dengan mulus...

thx

Anonim mengatakan...

canggih neh...eh klo pake panci bisa g mas?...soalnya banyak panci emak nih dirumah...

Dhika mengatakan...

wah shuip postingnya.
cuman modem saya selalu ikut kemana2... kantor, daerah jajahan, rumah. klo pake wajan bazoka bisa ribet :D
beli kabel usbnya dimana,bisa share alamatnya ke email saya om (dh.kame@gmail.com)
thx

TraveFox mengatakan...

boss..saya pake modem Option iCON 225 bisa gak ya?

agus mengatakan...

mas panjang pralon berpengaruh gak?apakah semakin panjang semakin bagus...maximal panjangnya berapa?

___O-on___ mengatakan...

kalau modemnya Hp gimana bro ?
kebetulan saya pake Hp(bluetooth)+ starone...
apa bisa mas admin ?

Anonim mengatakan...

om..saya dah buat wajan bolic-nya..tapi kenapa ndak ngaruh yach..bahkan cenderung menurun kualitas sinyalnya..Dah tak utak-atik, tetep aja ndak mau naik sinyalnya. Perhitungan pembuatan juga dah tak sesuaikan dengan rumus dan ketentuan yg ada...Apa masalahnya yach...bingun dech

fajar mengatakan...

wah mangstabz kang .. nek tak tuku oleh ra kang.. neng murah wae.. wegah repot gawe ne kang... nuwun kang...

Anonim mengatakan...

Mas kalo aku udah pake antena eksternal tp gak ngaruh ke sinyal, jelek terus. Nah kalo antena ekternal tersebut mao di modif/digabung dng wajan bolic gimana caranya mungkin gak modemnya gak di taro di paralon, tapi yang ditaro antena ekternal nya

vrdy mengatakan...

boz, modem yg boz pake modem usb kan , yapa klo kasus na pake modem pmcia (pke itu soal na q), kan ga bisa tuh colok di pipa pvc na. ada solusi supaya saya bisa buat anten wajan kaya boz

sebener na sih sinyal bisa nyampe hsdpa 3 bar, cma yg bikin emosi tuh sering down ke edge (pas nulis ini lg down ke edge 67%) modem yg ta` pke PCMCIA Option Globe Trotter 1.8 Mbps
btw lokasi rumah di sidosermo (deket plasa marina)surabaya banyak penghalang maklum rumah engga bertingkat sih!

Anonim mengatakan...

bos.. bos.. kalo pake 881u kan usb portnya mencong/bengkok... pa bener tuh harus pake ukuran 9.2cm utk ukuran wajanmu...??? pa gak dimundurin dikit sepanjang ukuran modemnya... kalo ditegakkin kan gak bisa...????

kecuali emang modemnya yang lurus.....

Anonim mengatakan...

experimenya muanteeb jg nich jd penasaran .mau nanya nih,di modem sierra 881u kan ada fasilitas wifinya kira2 bisa buat nembak jaringan hotspot gak?barangkali tmn2udah ada yg coba mohon pencerahanya..ditunggu jawabanya di rzk_razak@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

saya barusan berhasil buat perpanjangan USB 10Meter.
biar sinyalnya stabil. belikan aja USB HUB yang ada power adaptornya
konfigurasinya seperti ini
PC - USB HUB - kabel 10 meter - USB HUB - Modem
dijamin maknyusss

Anonim mengatakan...

wah baru mau coba bikin nih...mudah2an hasilnya muantep....oh iya...usb modemnya bisa dicabut kan????

pino mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
pino mengatakan...

mantap mas..postingannya mgenai wajanbolic tp klo efektif sih pake Antene yagi..general coverage 3G hsdpa 15dbi . n gak terlalu berat bebannya.
selamat berkarya..mas

Anonim mengatakan...

jadi berapa total buat kolabirasi tu wajan ma bas nya mas???
saya juga pake sierra, tapi 881u, n dapet 4 strip, tapi koneksi jg kadang putus nyambung loh...
yang maw ta tanya tu, usb rpeater tu paan??? gunanya??? knapa arus 5 mtr??
salam knal mas?? newbi ni.. :)

Anonim mengatakan...

koneksi speedy dulu dibandingan im2 skarang cepetan mana mas??

Anonim mengatakan...

oh ini versi duanya...
wah lebih ribet ya
bisa kasih masukan ga mas bagusnya cukup dengan basoka aja atau perlu tambahan wajan
ohya, di bagian dalamnya tabung apa juga perlu diselotip aluminium???
matur tengkyuu...

Anonim mengatakan...

ohya mas, satu lagi..
usb repeater masih efektif ga untuk panjang >5m?
aku rencana mau sambung beberapa x 5m biar paaanjaaangg..coz antena mo kutaruh luar-atas, smentara kamarku kan di bawah, gitcuh...
makasih mas

Anonim mengatakan...

mas bales ke email ekawalasa@yahoo.com ya??/thx

Choesse Al-Abdu mengatakan...

aku pake modem sierra compass 885.. kemaren2 cuman dpt sinyal 3G 1 bar.. dengan modem dicolokin (nempel) lansung di CPU.. trus aku coba pake kabel ekstension USB 5 meter trus modem nya ditaroh dkt jendela bisa dpt 4 bar nehhh skrg.. tadi nya mo bikin penguat sinyal juga .. ga jadi deh.. udah lumayan dpt 4 bar. dicoba browsing pd jam2 sibuk jg masih tetap kencengg...aku pake IM2 berada di High Trafic zone (HTZ) nya indosat.. katanyaa.....

Unknown mengatakan...

mas saya pake modem Prolink PHS 100 nad flash unlimited
modemnya itu dimasukin kmana maz???
klo masang tu harus diluar ruangan ya??
karena saya dikosan maz and jauh sama ruangan yang bebas udara.
la kbaelnya itu gimana maksudnya??pke kabel USB biasa bisa g???

Unknown mengatakan...

oh ya ada tambahan lagi kalo pake wifi router yang besarnya seperti modem pada paketnya Speedy jyga bisa G???
nanti itu ditaruh mana???

Anonim mengatakan...

MAs kalo itu dipake didalam rumah bisa gak ?

Anonim mengatakan...

mas kecepatan download file 100mb berapa ?

Anonim mengatakan...

mas saya punya V antena bekas astrotv... bisa dimodif kaya wajan bolic gak.
trims infonya

darminto mengatakan...

Aku pake Vodafone E620 / Huahwei E620, ada solusinya supaya gak perlu beli modem usb lagi, lumayan tuh haganya:D

Anonim mengatakan...

@walasa

USB REPEATER gunanya supaya sinyal yang dikirimin dari PC - Modem ga habis di jalan,
PC - USB REPEATER - kabel 20 meter(UTP sudah dimodif di sambung kabel usb di kedua ujungnya[ngambil kepala malenya]) - Modem

InsyaAllah masih bisa walaupun kabel 20 meter..

kalo mau great lg USB 2.0 nya di ganti jadi USB 1.1


@Zoudib

Setau saya di bagian tabungnya ga usah di lapisi alumunium, di bagian luarnya saja yang dilapisi(supaya kuad menangkap sinyal)
kalau di bagian dalemnya di kasih alumunium, bisa bisa sinyal nya mbalik lg :P

Anonim mengatakan...

buat temen2 yng pake modem sierra,kaya nya gak usah beli antena external atau beli kabel usb panjang atau buat wajan bolic,cukup pake kabel usb 1m sama usb ext dan download sierra 3g watcher,lalu instal dulu 3g watcher tanpa memasang modem kelaptop atau pc dan jangan menghidup kan wifi.setelah 3g watcher selesai diinstal baru pasang modem.at&t comunication manager nya gak usah dipake lagi,kalo udah ada siera 3g watcher setiap modem dicolok siera 3g watcher otomatis muncul,setelah muncul klik setting lalu klik network lalu klik frequency band lalu klik 3g all,klik ok,lalu klik turn radio on,baru connect.kalo sinyal nya cuma dapet 1bar atau 2bar,silahkan cari posisi yng pas,saran saya modemnya ditaruh diatas besi atau alumunium biar sinyalnya agak bagus,ini experiment saya,modem saya taruh ditmpat yng agak tinggi tapi gak ada besi atau alumunium hasilnya kurang bagus,lalu modem saya pindah kan ketempat yng lebih rendah dengan posisi yng sama,tapi berada diatas mixer dj saya yng casingnya terbuat dari besi/alumunium,hasil nya sinyal dapet 4 bar.silahkan dicoba dan sedikit berexperiment,semoga berhasil dan tidak perlu mengeluarkan duit hanya untuk membeli antena yng mahal...hehehe...sekian dan terima kasih...!!!

Anonim mengatakan...

Ok dah... gwe coment pdhal g' nyambung ama wajan holic alias GAPTECH gan... maklum anak desa (Trenggalek). Kalo mulai dari NOL ampe SIAP PAKE dan pingin dpt speed minimal 512 alat yg musti disiapin apa aja Gan..?? (rencananya browsing pake di CPU) Maturnuwun...

usb modem mengatakan...

wah mantep..
saya pengen coba deh

Anonim mengatakan...

mas mau nanya nuy usb.nya itu ditaruh sbelum 6,8 cm ato sesudahnya

nisa sanjaya mengatakan...

wah mangstap tuh :-o
:D

JuraganAlarm mengatakan...

bole sharing beli dimana usb extendernya? kl ada web & no.telp.. ke rudyherijanto@gmail.com trima kasih..

Anonim mengatakan...

DANCOK.......... AKU WIS COMENT NEK DUWUR TP RA KOK JAWAB COX!!!!!!!!!!!!!

Unknown mengatakan...

coba deh liat di http://ekstremeantena.blogspot.com/ walau ribet ini antena saya saranin buat gamer ato koneksi yang lancar jaya.

Unknown mengatakan...

Sepurane mas , .. ralat perhitungane sampean yg 54,5.54,5 / 16.320

Hrus e 54,5.54,5 / 16.20 = 2970 / 320 = 9,2

Posting Komentar

KOMENTAR DONG...MASAK LEWAT-LEWAT DOANG...
*pentung nih buat yang gak komen*