Jumat, 16 Januari 2009

MEMPERBAIKI WINDOWS DALAM SEKEJAP


Banyak para pengguna computer yang kelabakan dikala tiba-tiba computernya terserang virus ataupun Windowsnya mengalami crash. Proses repair lewat cd boot windows, tidak semua orang bisa melakukannya. Akhirnya jalan akhir yang sering ditempuh adalah melakukan install ulang Windows. Tapi tentunya melakukan install ulang sudah jelas memakan sumber daya waktu yang cukup banyak, bisa 2 jam bahkan lebih bila banyak program-program tambahan yang sebelumnya sudah terpasang di windows. Belum lagi bila cd driver motherboard atau driver peripheral lainnya hilang. CD Driver tersebut dibutuhkan bila kita melakukan install ulang Windows. Bisa-bisa pusing tujuh keliling, cuma gara-gara sound jadi tidak bunyi karena tidak ada cd driver audio.

Nah disinilah saya akan memberikan trik rahasia agar kita bisa memperbaiki Windows dalam sekejap tanpa harus install ulang Windows maupun cari-cari driver lagi. Trik ini sering digunakan para computer technician. Caranya anda harus melakukan Cloning terhadap Hard disk anda. Arti dari Cloning adalah membuat file Image ( bayangan ) dari isi hard disk.

Cloning ini terbagi menjadi dua. Yaitu Disk to Disk dan Partition to Partition. Yang sering saya gunakan untuk memperbaiki Windows adalah jenis Cloning yang kedua. Jadi kita meng-cloning partisi C, dimana Windows berada. Proses Cloning ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Bila Cloning sudah kita lakukan maka akan tercipta sebuah file Image yang mencerminkan isi dari seluruh partisi C. Sehingga bila suatu saat terjadi kerusakan pada Windows ataupun masuknya Virus yang merusak data, maka file Image yang sudah kita buat tadi tinggal kita buka dengan proses Restore dan dalam waktu beberapa menit saja ( lebih cepat dari ngabisin 1 batang rokok...hehe) maka Windows kembali pulih seperti sedia kala dan Virus pun hilang tak berbekas.

Nah sekarang program apa yang harus digunakan untuk melakukan cloning hard disk tersebut? Saat ini yang paling populer untuk urusan cloning - mengkloning adalah Acronis Disk Director Suite / True Image Home 2009 dan Norton Ghost.

Untuk mendapatkan program tersebut, silakan download disini.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

coba kalo bisa pentung gw :D

Soesanto mengatakan...

Saya lebih senang pake Norton Ghost :)

Anonim mengatakan...

bos,.. tolong donk kirimin program acrosanisny.
saya gk bisa download,
kirim ke agus_1688@yahoo.com

Posting Komentar

KOMENTAR DONG...MASAK LEWAT-LEWAT DOANG...
*pentung nih buat yang gak komen*